FAQ


Halo! Kami sangat menyarankan para calon peserta/peserta membaca Frequently Asked Question (FAQ) hingga tuntas. Kami berusaha menjawab sejumlah pertanyaan yang seringkali muncul kepada kami terkait kompetisi #HACKJAK2017. Semoga bermanfaat.

Lomba terbuka untuk umum, tanpa memandang latar belakang dan domisili. Pendaftar dapat merupakan individu atau tim (dengan maksimal anggota tim 3 orang).

Syarat ikut lomba adalah:

  1. Mendaftar ke panitia selama periode 17 November – 5 Desember 2017. Pendaftaran online dapat dilakukan melalui http://bit.ly/reghackjak17 hingga 4 Desember pukul 24.00 WIB. Pendaftaran on the spot dapat juga dilakukan pada 5 Desember 2017 bersamaan dengan Data Workshop dan Technical Meeting. Pendaftaran on the spot ini akan ditutup pukul 12.00 WIB.
  2. Mengikuti technical meeting untuk mengerti proses lomba dan kriteria penjurian pada tanggal 5 Desember.
  3. Bersedia karyanya digunakan Pemprov DKI Jakarta untuk kepentingan perbaikan ruang publik di Jakarta.
  4. Karya yang dilombakan harus merupakan ide baru yang belum pernah dipublikasikan atau juara dalam lomba sejenis sebelumnya.
Kegiatan lomba dimulai sejak Technical Meeting yang merupakan Kick off pada 5 Desember 2017
(Cek jadwal di sini).

Peserta dipersilakan untuk memulai pengerjaan karya di mana saja, namun finalisasi dapat dilakukan pada tanggal 8 Desember jam 08.00-12.00 WIB di lokasi acara: Balaikota DKI Jakarta, sebelum presentasi peserta dan penjurian dimulai.

Tentu bisa. Caranya mudah; hanya dengan mendaftarkan diri/tim kembali sesuai dengan kategori lomba yang diinginkan.
Tentu bisa. Persyaratan kepesertaan dalam #HackJAK2017 tidak terbatas.
Dalam satu tim, maksimal terdiri dari 3 orang peserta.
Tentu bisa. Namun, biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sepenuhnya oleh peserta. Panitia acara hanya menyediakan konsumsi dan fasilitas lengkap selama berlangsungnya acara.
Tidak. Kebutuhan akomodasi dan transportasi dari dan ke tempat acara ditanggung oleh masing-masing peserta.
Pendaftaran #HackJAK2017 tidak dipungut biaya alias GRATIS.
Tidak. #HackJAK2017 bisa diikuti oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa S1/S2, maupun para profesional muda.
Semua peserta WAJIB mengikuti technical meeting dan workshop yang akan berlangsung pada tanggal 5 Desember 2017. Namun, untuk peserta yang keikutsertaannya secara tim, technical meeting dan workshop bisa bisa diwakilkan pada salah satu anggota tim.
Karya yang dilombakan harus merupakan ide baru yang belum pernah dipublikasikan atau juara dalam lomba sejenis sebelumnya. Dalam technical meeting akan dijelaskan spesifikasi teknis sistem atau tools yg harus dipenuhi dalam membuat karya

Mulai mempersiapkan diri untuk mengerjakan aplikasi/desain pada tanggal 5 Desember 2017 (kick-off lomba).
Siapapun bisa mendaftar untuk mengikuti Lomba Designathon. Namun, lebih disarankan agar individu atau sebagian/keseluruhan anggota tim memiliki keahlian maupun latar belakang dalam bidang arsitektur/lansekap/perencanaan kota.
Karya yang dipresentasikan berupa sketsa (baik yang manual maupun yang menggunakan SketchUp atau aplikasi lainnya), yang mencakup setidaknya 5 (lima) hal berikut:

    1. site plan (konteks desain dan sekitarnya),
    2. denah,
    3. tampak/potongan,
    4. perspektif, dan
    5. konsep desain (terdapat analisa dari data-data yang sudah disediakan).
Desain dapat berupa bangunan ataupun ruang terbuka, selama berkaitan dengan ruang publik, di wilayah DKI Jakarta.
Peserta Lomba Visualthon, baik tim atau individu, wajib mengikuti technical meeting dan workshop pada tanggal 5 Desember 2017. Kemudian, peserta wajib menyerahkan sketsa desain di kertas A3 pada 8 Desember 2017 pukul 08.00 – 09.00. Pada tanggal yang sama, peserta dapat melanjutkan penyelesaian desain (finishing) pada pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Desain akhir dalam bentuk soft file dapat diserahkan ke panitia mulai pukul 18.00 WIB untuk dicetak dan dilakukan penilaian oleh tim juri.

Untuk data yang telah dipublikasikan pada link ini tidak perlu menggunakan token. Sedangkan untuk data tambahan dari data api.jakarta.go.id token bisa diambil dengan mendaftarkan diri di link tersebut.
Benar. Peserta bisa uplaod source code prototype aplikasi di Gituhub.com dan menyediakan link uploadnya pada panitia. Source code diunggah sebelum pukul 08.00 hari Jumat, 8 Desember 2017

Masih adakah pertanyaan yang belum terjawab? Silakan kontak rwidodo@hivos-rosea.org


Hubungi Kami

Bappeda Provinsi DKI Jakarta
Bidang Evaluasi, Pengendalian dan Informasi (EPI)

Whatsapp:
Sita 087888737087
Rukita 0816362853

Email: rwidodo@hivos-rosea.org

Media Sosial