Tentang #HACKJAK

Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Open Government Partnership (OGP) sebagai upaya global mewujudkan pemerintahan yang lebih terbuka, transparan, memberdayakan warga, memerangi korupsi, dan memanfaatkan teknologi baru untuk memperkuat pemerintahan. Sebagai komitmen dan dukungan terhadap langkah tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalankan program Data Terbuka dengan memberikan akses terkait data dan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam mempromosikan transparansi dan memanfaatkan Data Terbuka adalah dengan mengadakan kompetisi Hackathon Jakarta, yang lebih dikenal dengan #HackJAK. Sejak pertama kali diadakan, #HackJAK terbukti telah mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi-inovasi sosial dan teknologi melalui pemanfaatan Data Terbuka Jakarta.

#HackJAK pertama diinisiasi oleh Southeast Asia Technology and Transparency Initiative (SEATTI) bersama Pemprov DKI pada awal 2014, menggunakan 2 (dua) data set yang tersedia di portal data Pemprov DKI Jakarta (data.jakarta.go.id), yaitu data Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan rute angkutan umum. Tercatat 202 orang turut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Sejalan dengan peningkatan jumlah data set yang disediakan dan dibuka oleh Pemprov DKI Jakarta, #HackJAK kedua kembali dilaksanakan pada tahun 2015. #HackJAK2015 menjadi media kolaborasi antar berbagai institusi, termasuk di dalamnya SEATTI dan Making All Voices Count (Hivos), serta turut melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta. Kompetisi #HackJAK2015 kemudian berkembang menjadi hackathon, visualthon, dan scrapathon yang melibatkan komunitas IT-developer, komunitas desainer grafis, para mahasiswa, serta melibatkan warga DKI Jakarta yang tertarik dengan Data Terbuka.

Di tahun 2016, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Making All Voices Count (Hivos), National Democratic Institute, Universitas Paramadina, dan Bandung Institute of Governance Studies kembali mengadakan #HackJAK. Namun, #HackJAK2016 kali ini berbeda karena memberikan penekanan pada data literacy untuk mengembangkan keterampilan baru dalam membaca, mengolah, dan memvisualkan data. Khusus tahun ini #HackJAK juga diisi dengan pelatihan tentang data anggaran Jakarta.

#HackJAK2016 kini tak hanya terbuka bagi masyarakat yang bergelut di bidang IT dan para pengembang aplikasi saja. Masyarakat yang berlatar belakang keilmuan lain juga memiliki kesempatan untuk berkompetisi membuat tulisan, video, dan visualiasi dari Data Terbuka. Kontribusi melalui kompetisi #HackJAK tentunya berpotensi membuat data di data.jakarta.go.id lebih bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat, serta membantu mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel.



Hubungi Kami

Bappeda Provinsi DKI Jakarta
Unit Pengelola Data dan
Informasi Perencanaan Pembangunan
(UP Datinrenbang)

Whatsapp:
Sita 087888737087
Rukita 08161362853

Email: rwidodo@hivos-rosea.org

Media Sosial