#HACKJAK2017

Pemerintah DKI Jakarta bersama Hivos South East Asia dan mitra penyelenggara lainnya kembali melaksanakan #HackJAK2017 pada 5-9 Desember.

Acara ini merupakan ajang kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sipil dengan para programmer, desiner grafis, arsitek dan perancang kota untuk menggunakan data ruang publik di Jakarta sehingga dapat dimengerti dan bermanfaat bagi pengambil kebijakan dan warga pada umumnya.

Pemerintah telah menyediakan ruang publik berupa fasum dan fasos sebagai sarana warga dalam bekerja dan beraktivitas, maupun sebagai ruang interaksi anggota masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Keberadaan ruang publik yang mudah diakses dan berfungsi dengan baik sangat vital bagi kehidupan penduduk kota. Namun, masih ditemukan keberadaan fasos dan fasum yang belum adil dan inklusif bagi semua. Antara lain fasum dan fasos yang dirancang tidak ramah untuk anak, penyandang disabilitas, perempuan, ibu mengandung dan lansia, seperti jembatan penyeberangan, halte dan fasilitas terminal dan bus.

#HackJAK2017 dapat menyediakan solusi terhadap persoalan-persoalan di sekitar pemanfaatan ruang publik di Jakarta. Diharapkan muncul inovasi dalam bentuk aplikasi, visualisasi dan desain cipta ruang yang berguna dalam perbaikan perencanaan dan kebijakan ruang publik di Jakarta, maupun untuk pemanfaatan ruang publik untuk kepentingan sosial dan ekonomi warga.



Hubungi Kami

Bappeda Provinsi DKI Jakarta
Unit Pengelola Data dan
Informasi Perencanaan Pembangunan
(UP Datinrenbang)

Whatsapp:
Sita 087888737087
Rukita 08161362853

Email: rwidodo@hivos-rosea.org

Media Sosial